Madrid - Balapan MotoGP memang tak bisa dihindarkan dari kecelakaan. Namun kecelakaan yang terjadi tak hanya di dalam lintasan melainkan juga terjadi di dalam pit stop. Dorna selaku penyelenggara MotoGP tengah berusaha sebisa mungkin meminimalisir angka kecelakaan yang terjadi di dalam pit.
Pada MotoGP 2017 akan mendapat tiga aturan baru yang akan meningkatkan tingkat keamanan pebalap dan juga mekanik di area pit. Itu terjadi pada pembalap Alvaro Bautista di musim 2016. Kala itu, sang pebalap 31 tahun tak sengaja menabrak seorang mekaniknya sendiri di area pit stop saat dirinya akan berganti motor. Usai race, Bautista kemudian mengaku kehilangan kontrol atas motornya dan berkilah tak dapat menghindari tabrakan dengan mekaniknya yang sedang memegangi motor keduanya.
Hal terebut langsung mendapat perhatian banyak pihak termasuk para pembalap besar seperti Valentino Rossi yang khawatir dengan keselamatan kru di dalam pit.
"Ketika berada di dalam pit stop, keadaannya selalu berbahaya. Saya rasa harus ada solusi untuk masalah ini, mungkin kami harus lebih pelan ketika ada di area pit," ujar The Doctor setelah kejadian yang menimpa Bautista.
Kini, setelah 18 seri MotoGP musim ini berakhir, Dorna selaku penyelenggara event MotoGP masih menaruh perhatian atas insiden tersebut. akhirnya selesai melakukan pengkajian dan mengeluarkan aturan baru yang akan dipakai pada MotoGP 2017. Seperti diberitakan Speedweek, Dorna setidaknya memberikan tiga peraturan baru.
Pertama, cuma empat kru mekanik yang akan diperbolehkan menangani proses pergantian motor. Kedua, para mekanik juga diwajibkan menggunakan helm yang telah distandarisasi. Ketiga, para mekanik berhak menahan kopling motor yang akan digunakan, tapi pergantian gigi tetap harus dilakukan oleh sang pebalap. Dorna menyatakan akan langsung mendiskualifikasi pebalap yang ketahuan memanfaatkan aturan ketiga untuk keuntungannya.
Peraturan baru ini menjawab harapan Valentino Rossi yang ingin ada standar keselamatan baru untuk pebalap dan mekanik di dalam pit.
ADS HERE !!!