Dalam tiga tahun terakhir, sejumlah pabrikan kembali turun ke ajang MotoGP. Aprilia dan Suzuki telah memulai debut kembalinya ke MotoGP, sedangkan KTM sudah tampil di musim 2017. Bagaimana dengan Kawasaki ?
KAWASAKI adalah salah produk sepeda motor populer di dunia. Akan tetapi meskipun memiliki status seperti itu, mereka tidak ikut serta dalam MotoGP saat ini. Kawasaki memang cukup dipandang di balap World Superbike (WSBK). Namun, pabrikan Jepang ini belum berniat untuk kembali ke MotoGP. Krisis finansial menjadi alasan kenapa Kawasaki menarik diri dari MotoGP.
Bos WSBK Kawasaki, Ichiro Yoda mengatakan, biaya membuat tim MotoGP saat ini masih terlalu tinggi bagi Kawasaki. Yoda mengakui bahwa biaya untuk menjadi tim yang kompetitif di kelas utama masih terbilang mahal. Selain itu, Kawasaki juga tidak diperbolehkan untuk kembali ke MotoGP sebagai tim pabrikan penuh, dan harus bermitra dengan tim yang ada.
Yoda mengatakan, aturan di MotoGP terlalu ketat untuk tim pabrikan baru. Mereka boleh balik ke kelas primer asal bekerja sama dengan tim yang sudah ada, contohnya Gresini Racing yang kemudian menjelma menjadi tim pabrikan Aprilia.
Ketimbang kembali ke MotoGP sebagai tim medioker, lebih baik menjaga tren positif di Superbike. Kawasaki saat ini memang tampaknya masih menikmati seri balap motor produksi, WSBK. Dua gelar juara dunia telah diraih Kawasaki dengan pebalap Tom Sykes pada 2013 dan Jonathan Rea pada 2015.
Tentu Dorna harus mengubah filosofi dan membuat peraturan yang benar-benar terbuka, dengan memperbolehkan seluruh manufaktur bebas bereksperimen. Dengan itu mungkin kami mau kembali ke MotoGP. Tapi untuk sekarang, kami fokus di Superbike,” ujar bos Kawasaki World Superbike, Ichiro Yoda, seperti dikutip
Riders Mag.Terakhir kali pabrikan Kawasaki mengikuti MotoGP adalah di tahun 2009, dalam naungan tim Hayate Racing, dengan satu pebalap: Marco Melandri. Catatan terbaiknya adalah podium kedua di seri kempat, tapi di akhir musim rider Italia itu hanya menduduki peringkat ke-10.
ADS HERE !!!