Dilarangnya penggunaan winglet pada bodi motor di MotoGP 2017 membuat Direktur Teknis MotoGP, Danny Aldridge melakukan revisi desain. Nantinya para tim balap akan mengubah aerodinamis pada kuda besinya masing-masing.Seperti diinformasikan sebelumnya, musim depan, motor balap MotoGP tak diizinkan menggunakan sayap. Penggunaan perangkat yang menonjol dari fairing motor itu dinilai membahayakan para rider kala menikung. dan ini rupanya memberikan tantangan tersendiri bagi para pabrikan tim MotoGP. Pada musim dingin ini, para pabrikan mau tidak mau harus berpikir keras untuk menghadirkan motor terbaik dengan batasan aturan terbaru.
Alhasil pihak MotoGP akan memberikan informasi mengenai standarisasi bentuk aerodinamis pada motor. Sebelumnya, pihak Yamaha bahkan telah mengirimkan desain, namun demikian Danny mengatakan semua tim juga berhak membuat desainnya masing-masing.
Saya tidak bisa mengatakan terlalu banyak tentang desain yang sebenarnya. Namun saya pada dasarnya memberitahu mereka tentang apa yang akan disetujui dan apa yang tidak. Ini tidak hanya Yamaha yang mengirimkan desain, sebagian besar produsen lain juga melakukan hal yang sama, ujar Danny mengutip
Crash.
Lebih lanjut, sosok yang berwenang memutuskan legalitas dari casis dan panel di musim depan pun menekankan, “Bagi saya, wajar saja jika para tim terus mengerjakan desainnya hingga waktunya dirilis. Namun, jika mereka memproduksinya pada waktu yang bersamaan, itu urusan mereka, sebab mereka sendiri yang akan menanggung konsekuensinya.”
Para pabrikan akan menggunakan feedback dari Aldrgidge untuk menyiapkan desain mereka pada pengujian pra-musim di Sepang, Phillip Island dan Qatar nanti. Mengingat aturan musim depan hanya membolehkan sekali update untuk tiap driver agar adil, kemungkinan besar para tim akan membocorkan desain mereka di saat-saat terakhir, misalnya saja pada uji coba di Qatar. Hal ini adalah agar tim lain tak bisa menjiplak desain tersebut di sisa waktu yang tersedia di awal musim depan.
ADS HERE !!!